Sunday, September 21, 2014

#2 Sepotong Kisah KKN



Apa yang pertama kali terlintas waktu denger kata KKN? Sengsara. Kerja Rodi. Prihatin. Tapi yang terkenal itu kenalan baru, bisa jadi malah pacar baru. Iya lah. Populernya kan KKN itu Kisah Kasih Nyata di mana orang-orangnya itu banyak yang cinta lokasi. Lucunya lagi, menurut beberapa sumber, yang cinta lokasi itu antara sekretaris sama ketua kelompok. Kayak yang satu ini nih, cinta lokasi tapi satu pihak dan ini cerita juga nggak pake konflik, ngalir gitu aja, selese gitu aja. Sebenarnya dibilang sekretarisnya cinta juga enggak sih. Cuma kebiasaan bareng aja. Terus siapa sih sekretaris yang gue maksud?



Ya gueehh! Sekretaris yang adore sama ketua kelompoknya sendiri itu ya gue. Lah, dari sebelum ketemu muka aja udah adore gegara tahu kalau dia itu mantan ketua di HIMAnya. Gue juga tahu kalau dia orangnya baik meski suka bully teman-temannya. Daaannn, gue juga tahu kalau dia udah punya pacar. Info yang terakhir ini penting banget buat gue. Kenapa? Karena gue harus membentengi hati gue biar nggak jadi perusak hubungan orang. Jadi ya dari awal hati gue udah disetel supaya nggak cinta sama dia. :D
Pertama ketemu sama dia, beeeeeeehhh… biasa aja kok, nggak ada yang istimewa (-.-). Jangan harap bakal ada bunga-bunga di sekitarnya waktu gue natap dia, kayak efek di film-film korea atau film GGS (Ganteng-Ganteng Serigala). Itu nggak mungkin soalnya gue sebelumnya emang udah kepo facebook-nya. Dia sederhana kok. Alhamdulillah *eh. Kesan pertama gue ya dia orangnya baik, asik, enak diajak ngobrol, dan doyan guyon. Seru lah pokoknya. Apa itu doang yang ngebuat gue tertarik? Nggak, coy! Ada satu waktu di mana kita lagi ngumpul mbahas persiapan KKN dari berangkat sampe masalah tempat tinggalnya nanti. Sebagai sekretaris, gue disuruh nulis perkap apa aja yang mesti dibawa. Nah, dia yang baru selese nemuin DPL kita, datang terus duduk di sebelah gue. Tenang, bukan karena magnet kecantikan gue kok. Dia cuma mau lihat perkap apa aja yang udah gue tulis.
Berhubung kita duduknya di bawah pohon gitu, ada semut jalan-jalan di kepala gue, tepatnya di bagian samping kanan dekat telinga. “Eh bentar, sorry ya,” katanya sambil nyentuh kepala gue. “Apa?” tanya gue yang masih belum tahu waktu itu. “Semut itu tadi,” jawabnya. Rupanya dia nyingkirin semut dari kepala gue. So sweet? Nggak kok, nggak sama sekali. Tapi hati gue meraung-raung makin kesengsem sama dia. Untung gue inget dia udah punya pacar, jadi gue bisa nge-rem *kayak motor.
Tapi lama-lama rem gue blong juga. Rem gue nggak fungsi waktu lihat dia main sama adek bayi dan balita di tempat KKN. Gue paling bisa melted alias meleleh sama laki-laki yang suka banget sama bayi / balita dan tulus banget sayangnya sama si bayi/balita. Gue itu betaaaahh banget kalau lihat ketua gue ndolani dan momong bayi/balita, dari mbopong dan bikin ketawa, sampe bikin nangis. Seneng deh pokoknya. Sejak itu, di hati gue, gue nganggap dia sebagai seorang Kakak di tempat KKN. Meskipun dia nggak yang benar-benar mengayomi dan dewasa layaknya kakak, tapi seenggaknya dia bisa banget buat diandelin selama kegiatan KKN dan care sama orang-orang di sekitarnya.
Di tengah-tengah perjalanan KKN, ada yang aneh sama temen-temen gue. Mereka sering ngledekin gue sama dia. Dikit-dikit nyinggung-nyinggung tentang dia, dikit-dikit njodoh-njodohin gue sama dia. Sampe-sampe, kalau mau pergi atau ada pengelompokkan tugas, gue barengnya sama dia terus. Awalnya gue bingung kok pada kompakan. Mulai males lah gue, apa-apa dikaitin sama ketua gue, dipasangin sama ketua gue. Nah, kalau ketua gue mikir macem-macem gimana? Malah canggung nantinya. Gue sih nggak bego bego amat ya. Gue udah duga mereka ngira gue ada something sama ketua gue (meskipun emang ada sih, dikit). Yang gue bingung waktu itu, kok mereka bisa mikir sampe situ. Dasarnya tuh apa? Gue curhat ke mereka aja nggak pernah.
Setelah ditelusuri, ternyata semua itu gegara sms gue ke dia. Beberapa temen gue emang penjahat inbox, sukanya baca inbox orang. Ketua gue juga teledor sih, makanya hape dia bisa di kepoin dan sms gue pun ke baca mereka. Padahal sms gue isinya cuma bilang ‘ati-ati’, dikira gue jatuh cinta sama ketua gue. Ealah yuuung yuuung, perasaan gue ngomong ati-ati ya nggak cuma ke dia. Akhirnya gue cerita lah ke dia biar nggak ada salah paham. Untungnya sih dia nggak sadar dan paling juga nggak mau ambil pusing urusan suka-sukaan atau cinta-cintaan. Secara cinta dia itu udah mentok buat pacarnya.
Udah tahu sih kenyataannya kayak gimana, tapi namanya juga kebiasaan lihat, bareng, dan ketemu, jadi sering mbatin dan nyari-nyari kalau dia nggak ada di rumah. Kadang cemburu juga kalau dia lagi bercandaan sama temen-temen cewek di rumah. Ngerasanya kayak cuma gue yang nggak bisa bercanda sampe jail-jailan sama dia. Pada akhirnya, gue mikir dan gue tahu sih, itu karena gue orangnya terlalu serius, jadi nggak asik diajak bercanda. Selama hidup gue, cuma satu laki-laki yang bisa bercandaan sama gue kayak ketua gue dan temen-temen. Cuma sama dia juga gue bebas jadi diri gue sendiri yang punya karakter aneh. Sayang, dia bukan jodoh gue (duh, malah jadi keluar konteks).
Sebenarnya sering juga sih gue dibully, diledek, tapi sekali dua kali doang respon gue itu di luar batas kebiasaan. Gue nyubit dia saking gemesnya, tapi bukan gemes yang marah. Dia diajak ngomong serius malah bercanda sih, siapa yang nggak gemes. Dan dia sambil ketawa minta jangan dicubit lagi. Trauma kali ya soalnya dia suka dicubit sama temen-temen kalau lagi bercanda. Waktu itu gue seneng; jelas lah. Seenggaknya gue udah nggak terlalu kaku sama dia. Asli! Gue itu orangnya emang lempeng, lurus, kaku, serius, canggungan pula. Cuma sama sebagian orang doang (malah seperempatnya) gue bisa leluasa ketawa ngakak, jail yang super jail, cerewet yang nggak ada matinya dan nggak jelas ngomong apa, dan super alay-lebay-heboh. Pokoknya bikin ilfil lah.
Nah, gara-gara ketua gue satu ini, gue juga pernah galau; galau ditinggal dia pacaran! Waduh, waktu itu gue mikir lama. Bukan mikirin dia, tapi mikirin perasaan gue sendiri. Gue bingung aja kok ngerasa ada yang kurang kalau dia nggak ada. Walah walah, pertanda nih. Alarm hati gue juga udah mulai bunyi. Tapi perasaan itu sih cuma sebagian kecil aja (kayaknya). Hal lain yang bikin galau itu gara-gara gue mau konsultasi laporan hari itu, ternyata malah dianya pergi. Padahal di rumah juga cuma tinggal segelintir orang, dan semuanya lagi pada galau, bermasalah sama pacar masing-masing. Terus mesti tanya ke siapa?
Nggak cuma itu, yang paling bikin galau itu perasaan gue yang campur antara seneng sama sedih. Gue seneng akhirnya dia bisa ketemu sama pacarnya setelah dua bulan nggak bareng. Pastinya kangen lah, lha wong biasanya ketemu. Gara-gara KKN malah nggak ketemu. Sedihnya, gue juga pengin ketemu sama someone di Jogja, karena udah tiga bulan gue belum ketemu sama dia. Jadi, sebagian kecil hati gue ngerasa kelangan nggak ada ketua gue, sedangkan sebagian besar hati gue ngerasa kangeeeeeeennn banget sama someone gue.
Bisa dibilang selama KKN gue malah nggak kepikiran tentang someone gue. Padahal biasanya kalau dua hari aja gue nggak ketemu si someone, galaunya dan kangennya setengah mampus. Tapi di tempat KKN malah nggak pernah. Apa karena ada ketua gue? Gue juga nggak tahu sih. Tapi yang pasti, setelah KKN kelar dan gue balik Jogja hari minggu, gue langsung capcus nemuin someone gue. Si someone ini bukan pacar gue, tapi gue sukaaaaa banget sama dia. Kalau ketemu dia tuh bisa lupa segala-galanya!! *alay* Terus ke mana dong perasaan ke sang ketua? Ya nggak ke mana-mana lah. Perasaan gue yang seneng kalo ketemu dia ya masih ada. Tapi cuma itu doang kok. Gue emang ngerasa ada percikan-percikan cinta di hati gue, tapi itu ya cuma pas KKN aja. Anggap aja cinta sementara. Lagian dari awal kan gue emang udah nyeting hati supaya bisa jaga hati. Rem yang tadinya blong juga udah aku benerin.
Buat ketua gue, dia udah terpatri di hati dan pikiran gue. Bukan sebagai orang special, tapi sebagai orang yang seenggaknya bikin gue sedikit merasa nyaman selama KKN dan selalu ngebantu gue kalau ada masalah seputar KKN. Kita nggak deket, kita juga bukan sahabat. Tapi gue harap suatu saat kita tetep bisa seru-seruan bareng sama temen KKN yang lain. 
  
Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management