Saturday, July 14, 2012

Blocking

BLOCKING
 
          Blocking adalah kedudukan tubuh pada saat di atas pentas. Pada waktu bermain kita harus selalu mengontrol tubuh kita agar tidak merusak blocking. Nah Blocking yang baik itu adalah blocking tersebut harus
1.     Seimbang
Kedudukan pemain, termasuk juga benda-benda yang ada di atas panggung (setting) tidak berat sebelah alias mengelompok di satu tempat. Jadi semua bagian panggung harus terwakili oleh pemain atau benda-benda yang ada di panggung.
  1. Utuh
Blocking yang ditampilkan hendaknya merupakan suatu kesatuan. Semua penempatan dan gerak yang harus dilakukan harus saling menunjang dan tidak saling menutupi.
  1. Bervariasi
Maksudnya kedudukan pemain tidak di suatu tempat saja, melainkan membentuk komposisi-komposisi baru sehingga penonton tidak merasa jenuh. Jangan ada kedudukan atau keadaan yang sama antara pemain yang satu dengan pemain lainnya. Misalnya sama-sama berdiri, sama-sama jongkok, menghadap ke arah yang sama, dll. Kecuali kalau memang dikehendaki oleh naskah.
  1. Memiliki titik pusat
Artinya setiap penampilan harus punya titik pusat perhatian. Ini sangat diperlukan untuk memperkuat peranan lakon serta mempermudah penonton untuk melihat di mana sebenarnya titik pusat dari adegan yang sedang terjadi. Antara pemain juga harus memperhatikan agar jangan ada yang saling mengacau sehingga akan mengaburkan di mana sebenarnya letak titik perhatian.
  1. Wajar
Setiap penempatan pemain ataupun benda-benda haruslah tampak wajar, tidak dibuat-buat. Disamping itu setiap penempatan juga harus memiliki motivasi dan harus beralasan.
         
Dalam drama kontemporer kadang-kadang naskah tidak menuntut blocking yang sempurna, bahkan kadang-kadang juga sutradara atau naskah itu sendiri sama sekali meninggalkan prinsip-prinsip blocking. Ada juga naskah yang menuntut adanya gerak-gerak yang seragam di antara para pemainnya. 

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management