Friday, February 21, 2014

AMNESIA


AMNESIA

Sesuai judulnya, anime ini menceritakan tentang seorang gadis yang bekerja di Meido no Hatsuji dan mengalami amnesia. Dia bertemu dengan Orion, seorang arwah bocah. Kemudian dua orang kakak beradik datang menemuinya dan mengantarnya pulang. Dia sama sekali tidak mengingat apa pun tapi Orion menyarankan agar dia merahasiakan keadaannya agar tidak ada yang memanfaatkan amnesianya. Sedikit-demi sedikit, dia mendapat pecahan-pecahan memori yang berhubungan dengan beberapa laki-laki. Mereka adalah Shin, Ikki, dan Kento.
Pecahan memori tentang Shin mengejutkan gadis itu. Dalam memori itu, mereka berdua sedang menyalakan kembang api dan Shin mengungkapkan bahwa dia membunuh seorang laki-laki.
Manajer dan semua karyawan kafe mengadakan masa orientasi di mana mereka bersama-sama pergi ke Shinano untuk melihat hujan meteor. Karena si gadis terlalu bingung akan pecahan-pecahan memori yang dia dapat dengan acak dan mendiskusikannya dengan Orion (yang tidak bisa dilihat dan didengar orang lain), dia dan Shin menjadi terpisah dengan yang lain. Si gadis menjadi begitu ketakutan karena pecahan memori tentang Shin. Dia pun lari dan jatuh ke jurang.
Ketika bangun, dia sudah ada di rumah sakit dan dikunjungi oleh Shin. Rupanya Shin adalah kekasih gadis itu. Shin yang dari awal sudah curiga akhirnya mengetahui bahwa gadis itu amnesia. Shin pun mencoba mengembalikan ingatannya dengan bercerita tentang masa-masa mereka dulu, tentang kenyataan bahwa mereka teman masa kecil dan Shin merupakan junior gadis itu semasa sekolah. Sekarang Shin masih SMA sedangkan gadis itu masih kuliah. Shin memutuskan untuk memberitahu kakaknya yang bernama Toma tentang amnesia gadis itu karena Shin harus ke sekolah setiap hari dan tidak bisa menjaganya pada jam sekolah. Dia mengandalkan kakaknya untuk menjaga kekasihnya di tempat kerja. Di tempat kerja, si gadis bertanya pada Sawa dan Mine tentang kebenaran kecelakaan yang menimpanya. Ternyata beberapa hal yang dialami gadis itu tidak cocok dengan apa yang diketahui oleh Sawa. Di rumah, gadis itu berpikir mungkin itu hanya mimpi. Namun dinginnya air kran membuatnya percaya bahwa itu kenyataannya.
Lalu, suatu hari Sawa mengajak manajer kafe yang biasa dipanggil Waka-san, Toma, Mine, Shin, dan gadis itu ke festival kembang api. Di saat inilah Shin menceritakan kenapa gadis itu mengalami kecelakaan dan masuk jurang. Gadis itu pun sadar bahwa apa yang dia alami sebelumnya berbeda dari cerita Sawa dan Shin. Dan pecahan memori yang gadis itu lihat pun terjadi. Mereka duduk dan menyalakan kembang api lalu Shin menjelaskan kenapa gadis itu adalah penyelamat hidupnya. Dia bercerita bahwa ayahnya lah yang telah membunuh seorang laki-laki pemabuk secara tidak sengaja. Semua orang menjadi takut dan menjauhi Shin, kecuali Toma dan gadis itu. Ternyata gadis itu telah salah mengira.
Shin
Ketika keadaan terlihat sudah membaik dan gadis itu sudah cukup tenang dengan keadaannya, dia mengalami kecelakaan. Saat dia bangun, dia sudah ada di kamarnya dan ternyata waktu kembali mundur ke 1 Agustus. Kali ini, gadis ini berpacaran dengan Ikki-san, seorang laki-laki tampan yang mampu membuat wanita jatuh cinta dengan tatapannya dan bekerja di kafe meido dengan gadis itu. Gadis itu adalah satu-satunya gadis yang tidak mempan dengan tatapannya sehingga membuat Ikki tertarik untuk menaklukkannya dalam waktu 3 bulan. Karena Ikki populer, gadis itu dibenci oleh para fans Ikki. Di sini, Sawa bukan pelayan kafe tapi pelanggan kafe, sedangkan Mine adalah salah satu orang yang menyukai Ikki dan berpikir hubungan Ikki dengan gadis itu akan berakhir dalam 3 bulan.
Salah satu pecahan memori gadis itu adalah tenggelam. Rupanya dia tenggelam karena Rika, manajer fans club, dan 3 gadis lainnya. Hal itu terjadi setelah gadis itu mengetahui kebenarannya; kebenaran tentang alasan Ikki kenapa dia mempermainkan wanita hanya dalam waktu 3 bulan, kebenaran bahwa Ikki benar-benar tulus mencintai si gadis dan kebenaran bahwa otak di balik itu semua adalah para fans Ikki. Mereka membuat perjanjian tanpa sepengetahuan Ikki untuk membolehkan gadis manapun berpacaran dengan Ikki namun hanya 3 bulan. Jika lebih dari itu, gadis-gadis itu akan diterror atau dianiaya agar putus dengan Ikki. Karena selalu ditinggal, Ikki pun memutuskan untuk mempermainkan kekasih-kekasihnya dalam rentang waktu 3 bulan lalu meninggalkan mereka dan berpikir tidak akan jatuh cinta lagi.
Ikki
Saat gadis itu membuka mata setelah kejadian dia tenggelam, dia sudah berdiri di depan rumahnya. Dan waktu lagi-lagi kembali menjadi 1 Agustus. Kali ini dia berpacaran dengan Kento, seorang sarjana matematika yang sangat serius. Pecahan memori tentang Kento yang gadis itu lihat sebelumya adalah tentang janji yang mereka buat dan pada akhirnya gadis itu mengerti pecahan memori tersebut karena mengalaminya, sama halnya seperti pecahan-pecahan memori sebelumnya dengan orang yang berbeda. Sama seperti Shin, Kento pun merupakan orang yang menyadari bahwa gadis itu mengalami amnesia sehingga gadis itu pun menceritakan semuanya. Dia juga menceritakan tentang Orion, arwah yang berusaha untuk terus membantunya.
Orion dan si gadis pun mengetahui bahwa si gadis telah berpindah ke dunia yang berbeda-beda dari dunia aslinya. Kento menyebutnya dunia paralel dan gadis itu berpindah-pindah di antara dunia-dunia paralel tersebut. Dirinya di dunia Kento selalu bertengkar ketika bertemu Kento. Dan dengan dirinya sekarang yang pindah ke dunia Kento, telah membantu Kento untuk lebih mengerti perasaan orang lain.
Kento
Pada akhirnya gadis itu pindah lagi ke dunia paralel yang lain, dunia di mana gadis itu dan Toma saling menyukai dari mereka kecil. Namun di sini gadis itu salah mengira bahwa mereka berpacaran dan Toma sengaja berbohong, mengiyakan bahwa mereka berpacaran. Cerita di sini cukup rumit, tapi singkatnya antara gadis itu, Toma, Ikki, dan fans Ikki terjadi kesalahpahaman.
Kedekatan gadis itu dan Ikki membuat fans Ikki cemburu dan menerornya. Kedekatan itu pula yang membuat Toma mengira gadis itu mencintai Ikki. Tapi karena begitu peduli dan sayangnya Toma, dia selalu melindungi gadis itu dari fans Ikki. Karena keadaan semakin berbahaya, Toma memutuskan untuk mengurung gadis itu di rumahnya. Parahnya, tidak hanya mengurungnya, tapi benar-benar membuat kurungan untuk gadis itu. Namun gadis itu tahu, semua itu Toma lakukan untuk melindunginya dan Toma sendiri sedih melihat apa yang sudah dia lakukan.
Dan suatu ketika, Toma tidak mengunci kurungan gadis itu. Gadis itu pun pergi ke rumahnya sendiri. Dia teringat akan buku diary berkunci di kamarnya dan dia yakin penyelesaian juga kebenaran ada dalam buku tersebut. Di sisi lain, Toma yang menyadari gadis itu pergi, segera berlari mencarinya.
Melalui buku diary itu, si gadis pun mengetahui bahwa dirinya di dunia Toma berpikir bahwa Toma hanya menganggapnya adik dan dia memutuskan untuk menyatakan perasaannya pada Toma pada tanggal 1 Agustus, tepat ketika gadis itu mengalami amnesia. Rencana yang ditanyakan Ikki dan janji bertemu dengan Ikki pun menjadi jelas. Rupanya gadis itu sering bercerita tentang Toma dengan Ikki dan mereka sering bertemu di tempat yang sama. Gadis itu juga bercerita pada Ikki bahwa dia berencana untuk menyatakan perasaannya.
Dengan penuh khawatir dan juga marah, Toma masuk ke rumah gadis itu. Melihat tubuh gadis itu penuh luka, Toma menjadi menggila dan berlaku sedikit kasar padanya. Lalu buku diary itu jatuh dan terbuka. Toma terkaget dan tersadar. Lalu gadis itu meminta Toma untuk membacanya, agar dia mengerti kebenarannya. Setelah itu, si gadis di bawa ke rumah sakit karena tubuhnya yang penuh luka itu.
Toma
Malamnya, seorang laki-laki bernama Ukyo datang ke kamar gadis itu dan membawanya ke atap. Lalu ketika gadis itu membuka mata, Ukyo dengan seramnya menjatuhkan gadis itu dari atap rumah sakit.
Tiba-tiba muncul pecahan memori di mana gadis itu berada dalam kebakaran yang besar dan terlihat sosok Ukyo yang berlari menujunya. Begitu sadar, gadis itu berada dalam rumahnya, persis kembali ke waktu di mana dia berdiri di depan air kran yang sedang dia putar, hanya saja dalam dunia yang berbeda lagi. Kali ini dia berhadapan dengan Ukyo, alasan gadis itu berpindah dalam dunia paralel.
to be continued...
by Elisa

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management