Thursday, February 06, 2014

Sedikit Tahu Bahasa Jepang - Edisi Sebutan untuk 'aku' - 'kamu'

SEBUTAN AKU-KAMU
Konnichiwa :)
Kalian tahu kan kalau penggunaan bahasa aku-kamu di Indonesia ada bahasa formal dan informal, plus bahasa gaul. Nah, sama juga di Jepang. Kayak apa sih bahasa gaulnya aku-kamu di sana? Yuk intip di bawah ini :)
LOE - GUE :: Omae - Ore [Bahasa cowok, kasar lho.. Cewek nggak pake] :: Teme juga 'LOE' (lebih kasar lagi)
KAMU :: Anta [cewek] :: kimi [cowok] (non formal)
*anata* bisa juga berarti 'sayang' buat suami istri
ANDA :: Anata » bisa untuk cewek dan cowok (formal)
AKU :: atashi [cewek] :: Boku [cowok] kadang ada cewek yang pakai boku juga, biasanya tomboy. (nonformal)
SAYA :: watakushi (sangat sopan) bisa cewek dan cowok.
SAYA :: watashi » bisa untuk cewek dan cowok. (formal)
Kalo cewek ngomong pakai ore & omae, cewek itu bakal terkesan kasar.
Nah, apalagi kalo pakai teme & kisama. Jadi, cewek jangan pakai ya~ :)
'Kisama' sekarang ini sama kayak 'teme', artinya 'loe' juga, tapi lebih kasar dari 'omae'. Biasanya dipake waktu marah-marah atau berantem.
'Ware' dan 'washi' sebetulnya bahasa jadul.
Katanya, selain di dorama, anime, dan semacamnya, hampir nggak ada yang pakai.
Nah jadi orang Jepang itu kalau udah dekat, nggak pakai bahasa sopan.
Kalau pakai bahasa sopan malah terkesan jaga jarak
Untuk berbicara dengan orang yang udah kenal mereka langsung sebut nama, diikuti gelar -san, -chan, -kun, dll.
kesannya seolah olah menunjuk dengan nggak sopan sambil berkata,"kamu!". Makanya mereka langsung sebut nama, nggak pakai anata
kalau watashi untuk saya atau aku :: kalau anata untuk anda atau kamu

Kamu: Anata, omae, kimi, teme kisama
Aku: Watashi, atashi, boku, washi, ware, ore, watakushi

Oke, itu tuh penggunaan kata aku-kamu di Jepang. Semoga menambah pengetahuan minna ya :) 

1 comment:

Unknown said...

Artikel yang bermanfaat, kunjungi juga blog saya di http://kelasbahasajepang.blogspot.com ya, sankyu

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management